FLOWCHART PEMBUATAN CATU DAYA

Langkah Pembuatan Alat

Langkah – langkah untuk membuat ouput adalah  sebagai berikut:

  1. Membuat gambar skematik rangkaian yang akan dibuat.
  2. Dari gambar skematik yang telah dibuat selanjutya membuat tata letak untuk penempatan komponen.
  3. Menyambungkan jalur jalur untuk tata letak komponen yang nantinya akan menjadi layout.
  4. Membuat layout atau tampak bawah disalin ke papan PCB dengan spidol FM.
  5. Mengayak atau mengecing papan PCB yang telah tersalin layout tersebut ke dalam larutan Klorid di sebuah wadah.
  6. Butuh waktu yang cukup dalam mengayak atau  mengecing papan PCB agar layout dapat tercetak.
  7. Layout yang telah tercetak dibersihkan dari tinta spidol FM dengan tinner atau dengan amplas halus.
  8. Memasang komponen komponen yang dipakai ke papan PCB dan menguatkan kaki kaki komponen dengan timah yang dipanaskan dengan solder.
  9. Komponen pertama yang dipasang adalah dioda bridge, 4 buah kaki yang berisi simbol +, -, dan 2 buah simbol ~.1 kaki yang berisi gambar ~ dihubungkan dengan travo yang berisi angka 12V, dan kaki yang bergambar ~ yang lainnya dihubungkan dengan travo yang berisi tanda 0. Kemudian kaki dioda yang bergambar + dihubungkan dengan kaki + capasitor, dan kaki dioda yang berisi gambar -, dihubungkan dengan kaki – kapasitor.
  10. Kemudian kaki + capasitor dihubungkan dengan kaki input dari IC kaki, dan kaki – kapasitor dihubungkan dengan kaki Ground/- dari IC.
  11. Setelah itu kaki ke tiga dari IC yang merupakan kaki keluaran yang harus di hubungkan dengan kaki + kapasitor yang ke 2, dan Ground dari IC  dihubungkan dengan kaki – dari kapasitor ke 2.
  12. Setelah itu pada kaki + kapasitor ke  dipasangkan ke salah satu kaki resistor 1k ohm dan kaki yang satunga dari  resisitor ini dihubungkan pada kaki + dari LED, kemudian kaki – dari LED di hubungkan pada kaki – kapasitor ke 2.
  13. Setelah komponen terpasang dengan kuat dan tepat pemasangannya, kaki kaki komponen yang berlebih dipotong menggunakan tang potong.
  14. Dan yang terakhir adalah memasang kaber AC yang sudah berisi sekring pada travo. Cara pemasangannya sangat mudah yaitu memasangkan salah satu bagian kabel AC ke travo yang berisi tanda 220V dan bagian lain dari kabel AC dipasangkan pada travo yang bertandakan 0 di sebelah tanda 220V.
  15. Setiap komponen yang dipasang haruslah lengkap dan tepat, seperti IC 7805 dan IC 7905 untuk output +5volt dan -5volt. IC 7812 dan IC 7912 untuk output +12 volt dan -12 volt. Serta IC 337 dan IC 317 untuk output variabel.

SUMBER

Iklan