Seperti yang sering bapak saya katakan kepada saya, “Lo kalo udah lulus kuliah, jangan mau kerja disuruh2 orang atau kerja dibawah perintah atasan(bos). Lo harus bisa kerja sendiri, buka lapangan kerja sendiri. Nah kalo udah maju, lo bisa sedikit memperluas lapangan kerja lo dan mengajak org2 buat gabung.”

It sound great Dad !!!

Saya memang paling malas kalo diperintah2 (kecuali perintah Tuhan dan orang tua…haha), seperti halnya jika bekerja di perusahaan yg dipimpin seorang pimpinan yg semua karyawan nya bekerja dibawah perintah atasannya.

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk menjadi pemimpin (bos) dari semua karyawan yang bekerja di perusahaan kita sendiri…Ya , untuk mewujudkan mimpi tersebut kita harus memulainya dari nol dulu dan harus bertahap.

Untuk mulai berwirausaha, kita harus tentukan bidang usaha yg akan kita jalankan, usaha dibidang jasa atau dibidang jual-menjual barang (dengan kata lain berdagang). Dan satu lagi yg tak kalah penting, kita harus tentukan usaha apa yg cocok dengan keahlian, bakat, dan mungkin hobi kita masing2.

Disini saya akan menceritakan kegiatan wirausaha yg akan saya jalankan setelah lulus nanti. Dilihat dari hobi dan bakat saya dibidang seni (gambar,disain dan musik), ya, saya akan mencoba membuat usaha sesuai dengan hobi dan bakat yg Tuhan berikan tersebut. Mungkin saya akan membuka toko kecil2an yg menjual kaos2,jaket2, dll yg disain gambar nya saya sendiri yg membuat. Dengan cara seperti itu, saya menggabungkan bidang usaha yg saya sebutkan diatas, yaitu bidang jasa (membuat disain sendiri) dan bidang jual-menjual barang (menjual hasil karya sendiri..hehe). Jika hasil karya saya diterima banyak orang dan disukai, maka saya akan sedikit2 memajukan usaha saya, dengan cara memperbanyak produk, memperbesar tempat usaha, mengajak orang2 untuk bergabung, dan mungkin membuka cabang di tempat lain….Amin. Dan satu lagi, jika ada modal saya akan membuat rental studio music, untuk menambah penghasilan dan sekalian menyalurkan hobi…hehe

Tapi untuk dapat mewujudkan mimpi tersebut, saya harus banyak belajar lagi dan mencari berbagai informasi tentang usaha yg ingin saya jalankan tsb. Mencari-cari pengalaman. Yg paling penting niat dan kemauan, dimana ada kemauan, pasti ada jalan…….THX